Jumat, 29 Januari 2016

LAPORAN ELDAS: DESAIN RANGKAIAN ELEKTRONIK DENGAN SOFTWARE ELEKTRONIK WORKBENCH (EWB 5.12)



DESAIN RANGKAIAN ELEKTRONIK DENGAN SOFTWARE ELEKTRONIK WORKBENCH (EWB 5.12)

A.  PENDAHULUAN
1.    Latar Belakang
        Elektronika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang pengendalian arus listrik yang dapat di operasikan dengan cara mengontrol aliran elektron, pengendalian elektron ini terjadi dalam ruangan hampa atau ruang yang berisi gas bertekanan rendah seperti tabung gas dan bahan semikonduktor. Dalam penelitian ilmu pengetahuan peranan elektronika telah memasyarakat. Perkembangan terakhir dalam dunia rangkaian terpadu memacu teknologi mikrokomputer sehingga menjadi sarana yang canggih namun cukup murah. Kini mikroprosesor digunakan dalam berbagai peralatan mulai dari mainan anak-anak, mesi cuci, photo copy, hingga peralatan penelitian, serta berbagai alat bantu komputer, dan sudah barang tentu didalam komputer sendiri (Sari, 2012).
Elektronic Workbench merupakan software komputer yang dibuat untuk memudahkan para desainer dalam merancang berbagai rangkaian elektronik. Software ini juga dapat digunakan untuk menguji kinerja berbagai rangkaian elektronik yang telah dimuat pada banyak pustaka. Apakah rangkaian tersebut sudah dapat dioperasikan atau masih perlu dimodifikasi. Dengan demikian penggunaan software EWB juga berguna dalam mengatasi  kegagalan-kegagalan dalam perancangan alat/rangkaian elektronik sebelum alat  tersebut dibuat secara permanen.rangkaian dapat dibuat pada layar editor dan dapat dioperasikan langsung. Kegagalan dalam perancangan dapat diatasi dengan mengubah nilai-nilai komponen sesuai dengan hasil yang diharapkan (Anonim, 2015).
Pada percobaan ini menggunakan software EWB 5.12, namun kita belum mengetahui bagaimana cara menggunakan software EWB 5.12, maka dari itu kami melakukan praktikum ini agar mampu dan terampil menggunakan software EWB 5.12 dalam perancangan rangkaian-rangkaian elektronik.

2.    Tujuan Praktikum
Tujuan praktikum pada percobaan desain rangkaian elektronik dengan software EWB 5.12 ini adalah agar mampu dan terampil menggunakan software Electronic Workbench EWB 5.12 dalam perancangan rangkaian-rangkaian elektronik
.








B.  LANDASAN TEORI
Salah satu software yang dapat diperoleh dengan gratis (freeware) adalah Electronics Workbench atau biasanya disingkat dengan nama EWB. Dengan menggunakan software ini, kita dapat mensimulasikan rangkaian sebelum membeli komponen-komponen elektronika dan merangkainya. Namun, kita menggunakan EWB ini sekedar untuk melakukan pengujian terhadap perhitungan terhadap beberapa rangkaian sederhana, selain untuk mengenal cara kerjanya (Yasmarianto, 2012)
EWB (Elektronik Workbench) adalah salah satu jenis software elektronika yang digunakan untuk melakukan simulasi terhadap cara kerja dari suatu rangkian listrik. Perlunya simulasi  rangkaian listrik adalah untuk menguji  apakah rangkaian listrik itu dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan pendekatan teori yang secara nyata. Simulasi dilakukan dengan menggunakan EWB adalah simulasi yang menghasilkan keluaran yang  ideal, maksudnya keluaran yang tidak terpengaruh oleh faktor-faktor ketidak idealan seperti gangguan (dikenal noise dalam elektronika) seperti gangguan pada rangkaian listrik yang sebenarnya nyata (Hugeng, 2004).
Elektronik Workbench atau yang dikenal dengan EWB adalah sebuah software simulasi yang dipergunakan sebagai alat bantu untuk mempelajari teori yang berhubungan dengan rangkaian listrik. Software  ini memberikan simulasi yang cukup akurat terhadap operasi rangkaian analog dan digital. Dilengkapi juga dengan simulasi instrumen untuk mengukur karakteristik-karakteristik IC, komponen dan rangkaian. Selain itu, elektronika workbench adalah sebuah software yang digunakan untuk pengujian dalam eksperimen rangkaian elektronika (Liyantanto, 2009).
Elektronika Workbench merupakan software dari Interactive Image Technology Ltd. Versi terbaru dari EWB terdiri dari :
1)   Multisim yang digunakan untuk membuat layout rangkaian dan simulasi. Multisim mendukung sistem analog, digital, bahkan simulasi program mable logic.
2)   Ultiboard untuk membuat layout PCB.
3)   Ultiroute yang mampu membuat jalur-jalur PCB serta menempatkan komponen secara otomatis sehingga memudahkan kita dalam membuat PCB.
Ketiga software tersebut dipaket dengan nama Multisim. Namun diinternet kita bisa menemukan secara terpisah. Multisim merupakan software yang mudah digunakan. Karena didukung schematic capture dan database komponen yang lengkap maka kita bisa menggunakan multisim untuk simulasi rangkaian yang  kompleks. Beberapa instrument virtual seperti multimeter, osiloskop, function generator, logic analyzer dan yang lain memungkinkan kita bereksperimen tanpa harus membeli instumen yang harganya cukup mahal tersebut. Dengan simulator yang standar dan integrasi software yang tinggi terdiri dari schematic editor, simulator SPICE dan on-screen wave forms membuat Electronics Workbench begitu mudah digunakan. Dengan belajar secara simulasi kita tidak perlu menghabiskan banyak dana dan waktu untuk membeli IC atau komponen yang lain yang diperlukan, cukup duduk manis di depan komputer XD, tidak perlu menyolder sehingga waktu kita tidak terbuang sia-sia. Tidak perlu membeli instrumen pengukuran karena semuanya sudah tersedia dalam simulasi. Namun hal tersebut tidak serta merta membuat kita untuk malas mengerjakan suatu projek elektronika. Karena praktek secara langsung akan memiliki rasa yang berbeda dibanding hanya sekedar simulasi (Ali, 2012).
Peng-install-an software ini cukup mudah. Cari source (sumber/ file setup) dari EWB 5.12 ini, lalu double click pada file setup. Tentukan tempat tujuan EWB diinstall (misalnya C:\Program Files\ EWB 5.12), lalu klik OK. Tunggu proses instalasi selesai, lalu ke startmenu buka programs-->electronic workbench-->EWB 5.12. EWB siap dipakai (Anonim, 2014).

C.  METODE PRAKTIKUM
1.    Alat dan Bahan
Alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan ini dapat dilihat pada Tabel 4.1 berikut :

Tabel 4.1 Alat dan Bahan pada Percobaan Desain Rangkaian Elektronika Dengan Software EWB 5.12
No.
Nama Alat dan Bahan
Fungsi
1.
Satu unit komputer
Untuk media tempat merancang rangkaian
2.
Software EWB 5.12
Sebagai program untuk mendesain rangkaian pada komputer











2.     Prosedur Kerja
Prosedur kerja dalam percobaan ini adalah sebagai berikut :
a.    Mengaktifkan komputer hingga editor Windows tampak pada layar.
b.    Mengarahkan mouse pada software Elektronik Workbench (EWB 5.12), lalu mengaktifkan dengan meng-klik mouse satu kali dan tekan “enter” pada keyboard.
c.    Menyiapkan rangkaian yang akan dibuat lengkap dengan nilai komponennya masing-masing.
d.   Mengedit komponen-komponen rangkaian sesuai dengan petunjuk asisten.
e.    Memilih komponen-komponen seperti resistor dan multimeter lalu merangkainya secara seri-parallel.
f.     Jika ingin mengedit nilai resistor, klik dua kali pada gambar resistor dua kali lalu pada layar muncul nilai resistansi resistor yang ingin diubah lalu klik Ok setelah nilai resistor diubah.
g.    Menghubungkan masing-masing rangkaian dengan meng-klik salah satu ujung komponen dan menggeser mouse (sambil tetap menekan mouse) ke ujung komponen yang lain.
h.    Setelah rangkaian telah selesai, lalu mengklik tombol I/O pada sisi kanan layar.




D.  HASIL DAN PEMBAHASAN
1.    Hasil Pengamatan
Gambar 4.1 Hasil Pengamatan Rangkaian Elektronik pada EWB

2.    Pembahasan
Elektronik Workbench merupakan salah satu software komputer elektronika yang berfungsi untuk mensimulasikan cara kerja dari suatu rangkaian elektronika. EWB merupakan alat bantu dalam pembelajaran elektronika sehingga perlu didukung oleh pengetahuan dasar tentang elektronika.
Pada praktikum ini Elektronik Workbench yang digunakan oleh EWB 5.12, dengan bantuan komputer untuk memfungsikan aplikasi ini yaitu dengan cara mengaktifkan komputer hingga editor windows tampak pada layar lalu mengaktifkan aplikasi ini dengan cara mengkliknya, selanjutnya mengedit rangkaian pada layar editor.
Pada percobaan ini kami merangkai  rangkaian seri-paralel pada layar editor, dengan mengedit komponen yang diperlukan misalnya resistor, yaitu mengklik pada menu basis dan klik kanan tidak dilepas dan diarahkan pada slide EWB, setelah mengklik resistor. Jika ingin membalik resistor menjadi vertikal tinggal klik kanan dan memilih rotate.
Setelah semua komponen resistor tersusun secara seri-paralel selanjutnya mengklik sources dan memilih baterai sebagaimana digunakan sebagai sumber tegangan dengan cara yan sama, lalu mengklik instrumen pada menu baris atas kemudian memilih voltmeter dan amperemeter sebagai alat ukur. Terakhir menghubungkan komponen-komponen yang telah dipilih dengan cara menarik titik garis lalu menghubungkan komponen titik garis lain. Setelah terangkai, kemudian mengklik tombol pada bagian kanan atas dengan simbol I/o. Setelah tombol tersebut diklik, maka pengukuran pada voltmeter dan amperemeterhasilnya langsung terbaca secara otomatis. Untuk mengukur tegangan, voltmeter dipasang secara paralel dengan resistor. Untuk mengukur arus, amperemeter dipasang seri dengan resistor.






E.  PENUTUP
1.    Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat ditarik dari percobaan ini adalah Electronic Workbench merupakan software yang dibuat untuk memudahkan para desainer dalam merancang berbagai rangkaian elektronik. Software ini juga dapat digunakan untuk menguji kinerja berbagai rangkaian elektronik yang telah dimuat pada banyak pustaka.

2.    Saran
 Saran yang dapat diajukan pada percobaan ini adalah sebagai berikut :
a.    Untuk pengelola laboratorium, agar memperbaiki atau mengganti alat-alat laboratorium yang sudah rusak.
b.    Untuk asisten, agar sebaiknya asisten yang asli atau asisten yang sebenarnya membimbing kami, jangan asisten yang lain.
c.    Untuk praktikan, agar tetap menjaga kekompakan antar sesama teman kelompok.






DAFTAR PUSTAKA

Ali, Muhammad. 2012. Simulasi Rangkaian Elektronika Analog dan Digital dengan EWB. Universitas Yogyakarta. Yogyakarta.

Hugeng. 2004. Elektronika work bench. Universitas Trisakti. Jakarta.

Liyantanto. 2009. Elektronika Dasar 1.  Erlangga. Jakarta.

Murtanto. 2009. Elektronik Work Bench. http://one;indoskripsi.com.
            (Diakses pada tanggal 10 Juni  2015)

Yasmarianto. 2012. Listrik Dinamik. http://Yasmarianto.staffgunadarma. ac. id/Downloads/files/24264/out+listrik+dinamik+1. Pdf. (Diakses pada 9 Juni 2015)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar